KOMPETISI SAIN MADRASAH (KSM)

Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah ?

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.
Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.


Kompetisi Sains Madrasah 2021 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat)

Al hamdulillah Peserta didik MA Al Hayatul Islamiyah atas nama Salwa Shofiyatud Daliyah siswa kelas 11 MIPA mendapat Juara 2 KSM tingkat Kota Malang untuk Mata pelajaran KIMIA terintegrasi dan berhak maju mengikuti KSM tingkat Provinsi. Sedangakan Ni’matur Rizqiyah masih mendapat Juara Harapan 3 untuk mapel Fisika Terintegrasi. Pengumuman tersebut diumumkan pada hari sabtu tanggal 28 Agustus 2021 kemarin.

KSM tingkat provinsi yang akan lilaksanakan pada tanggal 18-20 September 2021, mudah mudahan Ananda Salwa Shofiyatud Daliyah bisa lanjut ke tingkat Nasional.

Tahapan Dan Waktu Pelaksanaan

Tahapan KSMWaktuTempat
KSM Tingkat Satuan Pendidikan21 – 30 Juni 2021Ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing
Pendaftaran KSM Kabupaten/Kota5 – 26 Juli 2021Klik Disini untuk mendaftar
Ujicoba KSM Kabupaten/Kota14 – 16 Agustus 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
KSM Kabupaten/Kota21 – 23 Agustus 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota28 Agustus 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
KSM Provinsi18 – 20 September 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
Pengumuman Pemenang KSM Provinsi25 September 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
Technical Meeting Persiapan KSM Nasional9 Oktober 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
KSM Nasional Berbasis Komputer23 Oktober 2021Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil).
Pengumuman Pemenang KSM Nasional30 Oktober 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.